3 Digit Berapa Rupiah? Ini Penjelasan & Contoh Penggunaannya

3 Digit Berapa Rupiah

3 Digit Berapa Rupiah – Pernahkah Anda bertanya soal gaji teman? Saat mendengar jawabannya, Anda mungkin kaget ternyata gaji mereka menyentuh 3 digit. Penyebutan nominal gaji memang sensitif, akhirnya istilah 2 atau 3 digit di pakai sebagai pengganti yang di anggap setara. Lantas, sebenarnya 3 digit berapa rupiah? Ini penjelasan dan contoh penggunaannya.

Digit dan gaji adalah pembahasan soal angka. Angka merupakan salah satu elemen dasar dalam matematika. Meski Anda mungkin benci dengan hitung-hitungan, penggunaan istilah matematika seperti digit penting untuk di ketahui. Apalagi ketika sudah masuk ke dunia kerja dan bersinggungan dengan gaji yang merupakan pundi-pundi uang penyambung hidup.

Pengertian Gaji

Sebelum masuk lebih dalam ke penjelasan dan contoh penggunaan istilah digit, alangkah lebih baiknya memahami dulu pengertian gaji. Istilah gaji adalah hal yang umum bagi Anda dengan pengalaman segudang di dunia kerja. Namun, bagi para fresh graduate mungkin belum sepenuhnya paham soal definisi gaji.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaji di artikan sebagai upah kerja yang di bayar dalam jangka waktu yang tetap atau balas jasa yang di terima oleh pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu.

Sederhananya, gaji adalah biaya periodik yang di keluarkan oleh perusahaan sebagai imbalan kepada para karyawan yang telah selesai melaksanakan kewajiban kerja. Biasanya, gaji di bayarkan oleh perusahaan dalam periode per bulan.

Apa Itu Digit dan Bagaimana Sejarahnya?

Setelah paham pengertian gaji, mari masuk ke penjelasan soal digit yang sangat sering di sebut-sebut saat membicarakan gaji. Bahkan, jumlah digit gaji seseorang tak jarang membuat insecure hingga overthinking beberapa pihak.

Berdasarkan penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), digit di artikan sebagai letak angka pada bilangan atau angka Arab dari 0-9 alias setiap angka dalam deret angka yang tidak merujuk kepada sistem desimal, misalnya nomor telepon.

Dengan kata lain, digit adalah sebuah simbol alias representasi dari angka. Digit di gunakan pada bilangan untuk menggambarkan bilangan bulat atau riil. Jika di tilik dari sejarahnya, digit berasal dari bahasa latin kuno (digita) yang berarti 10 jari tangan manusia, ini berhubungan dengan sistem bilangan basis 10.

Sementara, menurut Kamus AS Merriam-Webster, kata digit berasal dari masa Bahasa Inggris Pertengahan (Middle English) dan di ambil dari bahasa latin digitus yang berarti jari-jari tangan/kaki atau sesuatu yang di gunakan untuk menunjuk. Penggunaan kata digit pertama yang di ketahui ada pada abad ke-14.

Kenapa Istilah Digit Viral?

Istilah atau kata digit sebenarnya sudah sangat sering di gunakan terutama bagi anak sekolah dan kuliah yang belajar matematika. Selanjutnya dalam dalam praktik kehidupan sehari-hari, kata digit sering di gunakan untuk menyebut jumlah barang, kode, atau objek tertentu yang berbentuk angka.

Namun, istilah digit menjadi viral dan di perbincangkan banyak orang ketika membicarakan soal gaji. Sebagai suatu pencapaian yang prestisius, nominal gaji kerap di gunakan oleh orang tertentu untuk pamer alias flexing di sosial media. Nah, dari sinilah mulai kegaduhan terjadi di linimasa sosial media dengan pembahasan digit gaji seseorang.

Meski begitu, masih banyak yang menjadikan digit gaji seseorang adalah tolok ukur atau target yang harus di capai suatu hari nanti. Apalagi banyak anak-anak muda yang sudah mendapatkan gaji di angka 2 hingga 3 digit, entah itu karena dukungan finansial orang tua atau jerih payah sendiri merintis dari nol.

Penjelasan Lengkap Soal Digit

Digit merupakan simbol tunggal dalam representasi angka. Selain 3 digit, sebenarnya ada juga 1 digit, 2 digit, 4 digit, dan seterusnya. Fungsi digit dalam angka bisa mewakili nilai tempat dan nominal.

Nilai tempat adalah nilai dari suatu tempat bilangan tertentu yang biasanya di mulai dari sebelah kanan, seperti satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya. Contoh, nilai tempat 7 dalam 570 adalah 7×10=70 alias puluhan. Sedangkan nilai tempat 5 adalah 5×100=500 alias ratusan. Sementara, nilai nominal secara sederhana didefinisikan sebagai digit itu sendiri dalam suatu angka. Misalnya, nilai tempat 9 dalam 930 adalah 9.

Contoh Penggunaan Digit

Contoh penggunaan digit perlu Anda pahami lebih dalam agar tidak salah kaprah. Penyebutan digit bisa bermacam-macam, ada 1 digit, 2 digit, 3 digit, dan seterusnya. Nah, setiap angka tersebut berarti satu digit.

Misalnya, angka 7 merupakan 1 digit karena hanya terdiri dari satu angka, yakni 7. Sementara, 36 adalah 2 digit karena tersusun dari dua angka, yakni 3 dan 6. Sedangkan 579 berarti 3 digit karena terdiri dari tiga angka, yakni 5 (ratusan), 7 (puluhan), dan 9 (satuan).

Namun, jika angka 0 berada di paling depan itu berarti bukan bilangan 3 digit. Misal, 057 adalah bilangan 2 digit karena berarti lima puluh tujuh yang terdiri dari angka 5 dan 7 saja. Jadi, angka 0 di bagian paling depan tidak di ikutsertakan dalam penyebutan suatu bilangan.

Sementara, angka 0 di tengah atau akhir bilangan tidak menggugurkan istilah digitnya. Contohnya, 708 berarti itu tetap menjadi bilangan dengan 3 digit angka. Sama halnya dengan 980 yang juga tetap merupakan bilangan 3 digit. Berikut contoh lengkap penggunaan digit:

  • Satuan: 1 digit angka, 1
  • Puluhan: 2 digit angka, 10
  • Ratusan: 3 digit angka, 100
  • Ribuan: 4 digit angka, 1.000
  • Puluh ribuan: 5 digit angka, 10.000
  • Ratus ribuan: 6 digit angka, 100.000
  • Jutaan: 7 digit angka, 1.000.000
  • Puluh jutaan: 8 digit angka, 10.000.000
  • Ratus jutaan: 9 digit angka, 100.000.000
  • Miliaran: 10 digit angka, 1.000.000.000
  • Puluh miliaran: 11 digit angka, 10.000.000.000
  • Ratus miliaran: 12 digit angka, 100.000.000.000
  • Triliunan: 13 digit angka, 1.000.000.000.000
  • Puluh triliunan: 14 digit angka, 10.000.000.000.000
  • Ratus triliunan: 15 digit angka, 100.000.000.000.000

Jadi, 3 Digit Berapa Rupiah?

Sejatinya, 3 digit adalah bilangan yang tersusun dari 3 angka saja alias ratusan. Namun, beda halnya pengertian 3 digit dalam nominal gaji. Jadi, 3 digit pada nominal gaji merujuk pada ratusan juta rupiah. Sebagai contoh, gaji A adalah 3 digit berarti dirinya mendapatkan penghasilan di angka sekitar Rp100.000.000-999.000.000 (Rp100-999 juta).

Jika 3 digit sama dengan ratusan juta rupiah, 2 digit lebih rendah sedikit yang berarti setara puluhan juta rupiah. Misalnya, gaji di perusahaan X menyentuh 2 digit per bulan. Berarti, gaji per bulan di perusahaan tersebut berada di kisaran Rp10.000.000-99.000.000 (Rp10-99 juta).

Jadi, digit dalam rupiah hampir mirip dengan penggunaan sebenarnya yang melambangkan satuan, ratusan, jutaan, dan seterusnya. Hanya saja, 1 digit dalam nominal gaji di mulai langsung dari bilangan yang melambangkan jutaan. Contohnya, 1 digit adalah jutaan rupiah, 2 digit merupakan puluhan juta, 3 digit mewakili ratusan juta, dan seterusnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top