Teks Persuasi dalam Berbagai Tema beserta Strukturnya

Teks Persuasi

Teks persuasi cukup sering di temui dalam kehidupan sehari-hari. Teks persuasi ini umumnya muncul dalam iklan, kampanye, pamflet promosi, hingga propaganda dan di tulis dalam berbagai tema.

Dalam aktivitas sehari-hari, teks persuasi ini juga cukup sering digunakan, misalnya ketika ingin mengajak seorang teman mengunjungi suatu tempat, atau mengajak teman melakukan suatu kegiatan atau aktivitas.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persuasif atau persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan. Dari pengertian tersebut dapat di simpulkan bahwa teks persuasi dapat di artikan sebagai teks yang berisi ajakan kepada seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan sesuatu dengan di sertai alasan yang meyakinkan.

Secara umum, teks persuasi terdiri dari 4 bagian atau struktur yang meliputi pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali.

Pernyataan yang di tulis dalam teks persuasi di tulis secara terstruktur dan bertujuan untuk mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu melalui perintah atau bujukan. Teks persuasi ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan suatu produk.

Dengan mengetahui manfaat dari teks persuasi, tentunya menjadi penting untuk mempelajari teks ini. Agar lebih memahami mengenai teks persuasi, pembaca dapat menyimak contoh yang dapat di jadikan referensi.

Berikut ini beberapa contoh teks persuasi dalam berbagai tema dan penjelasan strukturnya yang telah di rangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Contoh Teks Persuasi tentang Manfaat Jalan Kaki

Pengenalan isu:

Masih banyak yang berasumsi bahwa jalan kaki tidak bermanfaat. Padahal, olahraga yang ringan dan murah ini mengandung sejumlah manfaat baik bagi tubuh kita.

Rangkaian argumen:

Menurut sebuah studi yang di kutip dari situs Alodokter, berolahraga jalan kaki selama 30 menit ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen. Berdasarkan data tersebut, berarti olahraga jalan kaki dapat memicu jantung untuk terus berdenyut lebih kencang, sehingga jantung pun menguat, dan sirkulasi darah pun kian meningkat.

Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini di karenakan berjalan kaki akan menuntut tubuh bergerak secara konstan yang mengakibatkan lemak dan kolesterol pun akan semakin menurun.

Pernyataan ajakan:

Oleh karena itu, biasakanlah berolahraga jalan kaki minimal selama 30 menit.

Penegasan kembali:

Membiasakan olahraga secara teratur dapat membantu agar tubuh makin sehat dan terhindar dari serangan jantung serta penyakit yang di sebabkan oleh kolesterol.

2. Contoh Teks Persuasi tentang Gamelan

Pengenalan isu:

Sebagai generasi muda kita memiliki berbagai warisan budaya, salah satunya adalah gamelan. Gamelan dalam bahasa Jawa berasal dari kata “gamel” yang berarti menabuh atau memukul. Kata ini di ikuti akhiran -an yang menjadikannya sebagai kata benda.

Secara sederhana, gamelan di maknai sebagai alat musik yang cara memainkannya dengan di pukul. Menurut mitologi Jawa, gamelan di ciptakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka.

Rangkaian argumen:

Dulu, banyak orang menganggap di alah yang menjadi penguasa seluruh Tanah Jawa. Kebanyakan kesan pertama kawula muda ketika mendengar kata gamelan adalah barang yang tua. Mereka menganggap gamelan adalah suatu hal yang kuno.

Sebaliknya, alat musik pentatonis yang terdiri dari kendang, bonang, demung, saron, dan gong ini sangat modern bila di lihat dari kegunaan dan manfaatnya. Gamelan dapat melatih kepekaan dan rasa solidaritas.

Seperti yang telah di alami komunitas gamelan di Godean, rasa solidaritas para anggotanya sangat tinggi. Setiap tahun pada bulan ramadhan mereka membagikan takjil kepada pengendara motor di perempatan jalan. Mereka menganggap peduli sesama adalah hal yang sangat penting.

Pernyataan ajakan:

Untuk mencapai solidaritas semacam itu maka mulailah dengan mencintai gamelan. Tidak ada salahnya belajar gamelan. Selain untuk melestarikan kebudayaan, menabuh gamelan menimbulkan rasa kesenangan tersendiri.

Rasa senang ketika dapat menguasai notasi dan dapat bekerja sama dengan sesama penabuh dalam menciptakan suara pukulan yang harmonis. Bermain gamelan juga membuat kita peka satu sama lain. Ketika salah seorang kesusahan bermain, otomatis pemain lain akan mengarahkan. Hal itu terjadi karena gamelan adalah musik yang dapat terdengar indah ketika para pemain dengan serempak memukul alat musik sesuai dengan notasi.

Penegasan kembali:

Banggalah menjadi warga negara Indonesia yang memiliki warisan budaya seperti gamelan. Melalui gamelan kita dapat bermain dan belajar. Belajar menghargai dan menjaga warisan budaya sudah menjadi kewajiban kita. Begitu juga belajar untuk menumbuhkan rasa solidaritas dan kepekaan. Oleh karena itu pelajarilah gamelan sejak dini.

3. Contoh Teks Persuasi tentang Kesehatan

Pengenalan isu:

Tahukan kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat di butuhkan oleh tubuh agar tetap sehat.

Rangkaian argumen:

Banyak sekali makanan yang mengandung gizi mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan, dan sayuran. Hal ini membuktikan bahwa menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit karena semua makanan yang bergizi dapat di jumpai dengan mudah di sekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh tercukupi maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Namun sebaliknya, apabila enggan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Pernyataan ajakan:

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya.

Penegasan kembali:

Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

4. Contoh Teks Persuasi tentang Bahasa Daerah

Pengenalan isu:

Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, mulai dari Jawa, Sunda, Minangkabau, Bugis, Madura, dan lain sebagainya. Sayangnya , UNESCO mengungkapkan bahwa sekitar 2.500 bahasa di dunia terancam punah, termasuk lebih dari seratus bahasa daerah di Indonesia.

Rangkaian argumen:

UNESCO pun menyebutkan, sebanyak 200 bahasa mengalami kepunahan dalam 30 tahun terakhir dan 607 bahasa dalam status tidak aman. Selain itu, di perkirakan sekitar 3.000 bahasa lokal akan punah pada akhir abad ini.

Pernyataan ajakan:

Bagaimana, sudah jelas bukan, kalau bahasa daerah di Indonesia sudah mulai punah. Oleh karena itu, ayo, kita lestarikan bahasa daerah di Indonesia!

Penegasan kembali:

Kamu bisa mulai dari mempelajari bahasa daerahmu sendiri, menghargai bahasa daerah lain, hingga nantinya mempelajari bahasa daerah lainnya. Dengan begitu, bahasa daerah di Indonesia tidak punah pun adat dan budayanya.

5. Contoh Teks Persuasi tentang Politik

Pengenalan isu:

Kasus penetapan UU Cipta Kerja yang marak pada tahun lalu bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih aware dan berhati-hati dalam menggunakan hak suara kita pada saat pemilu dan perda agar tidak menyesal nantinya ketika suara kita tidak lagi di dengarkan.

Rangkuman argumen:

Berdasarkan survei yang di lakukan Centre for Strategic and International Study (CSIS) pada 15–22 maret 2019-sebulan sebelum pemilu di laksanakan-hanya 44,8 persen responden yang mengaku sudah memiliki caleg pilihan mereka, sementara 18,7 persen mengaku akan memilih partai politik, dan sisanya 36,5 persen mengaku belum memiliki pilihan, baik untuk caleg maupun parpol.

Menurut seorang peneliti CSIS, yaitu Anya Fernandez mengungkapkan bahwa hal ini bisa terjadi karena perhatian publik terlalu tersedot oleh pemilihan pilpres sehingga banyak masyarakat yang hanya berfokus untuk memilih calon presiden dan wakil presidennya di bandingkan pemilihan caleg. Hal ini terbukti dengan dari survei yang sama menunjukkan hasil bahwa hanya 14,1 persen responden yang belum memutuskan pada pemilihan pilpres.

Di mana survei CSIS tersebut di lakukan terhadap 2000 responden dengan metode acak dan tingkat kepercayaan 95 persen serta margin of error lebih kurang 2,21 persen.

Pernyataan ajakan:

Tentunya bukanlah hal yang mudah bagi kita untuk mengenal semua calon. Namun, sebagai warga negara yang baik, tentunya kita perlu mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih sosok pemimpin.

Penegasan kembali:

Kita sendiri juga perlu menyadari betapa penting dan berharganya hak suara kita tersebut demi perkembangan dan kemajuan negara kita.

6. Contoh Teks Persuasi tentang Kehidupan Masyarakat Perkotaan

Pengenalan isu:

Pola hidup masyarakat di perkotaan saat ini banyak yang kurang di perhatikan. Hal ini di pengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya rutinitas dan pekerjaan yang padat membuat gaya hidup masyarakat kota yang cenderung memiliki kebiasaan membeli makan makanan di luar rumah.

Rangkaian argumen:

Kebiasaan masyarakat kota yang lebih memilih jajan atau membeli lauk pauk di luar, daripada memasak sendiri dianggap lebih praktis. Sayangnya, sedikit orang yang menyadari kebiasaan membeli makanan di luar tidak bisa menjamin kehigienisan makanan.

Padahal, ada banyak kelebihan memasak masakan sendiri di rumah. Bumbu dan kebersihan makanan jadi lebih terjamin, dari segi kualitas bahan makanannya pun juga lebih berkualitas. Selain itu, memasak makanan sendiri bisa menghemat pengeluaran.

Pernyataan ajakan:

Tentunya, mengubah pola hidup dengan memasak makanan sendiri tidaklah mudah. Namun, jika di biasakan sedikit demi sedikit, itu akan membuat diri kita jadi lebih disiplin juga.

Penegasan kembali:

Kita bisa mulai dengan membuat agenda harian, mencatat daftar belanjaan lauk-pauk selama beberapa hari, dan mempersiapkannya dalam wadah untuk di simpan dalam kulkas. Jadi, dapat menghemat waktu di kala padatnya rutinitas sehari-hari.

7. Contoh Teks Persuasi tentang Hewan Peliharaan

Pengenalan isu:

Banyak orang yang memelihara kucing, tetapi tidak banyak yang tahu cara menangani kucing yang sedang sakit.

Rangkaian argumen:

Ada banyak penyakit pada kucing, selain karena masalah scabies, ada juga virus-virus yang mematikan. Salah satu virus mematikan pada kucing adalah virus demam di stemper.

Gejala demam di stemper di tandai dengan kejang otot, sesak nafas, mulut menganga, dan mengeluarkan liur. Secara tiba-tiba, kucing pun mengalami anoreksia, dimana mereka tidak mau makan ataupun minum.

Pernyataan ajakan:

Virus di stemper sebenarnya dapat di sembuhkan, jika langsung di tangani dan di bawa ke dokter hewan. Apabila tidak memungkinkan di bawa ke dokter, bisa juga di sembuhkan sendiri dengan memberikan antibiotik.

Penegasan kembali:

Oleh karena itu, agar kucing tidak mengalami virus mematikan ini, kucing dapat divaksin dan selalu menjaga kebersihan kandang.

8. Contoh Teks Persuasi tentang Menanam Pohon

Pengenalan isu:

Jumlah populasi di dunia semakin meningkat tajam. Hal tersebut berdampak pada semakin berkurangnya luas hutan akibat pembuatan tempat tinggal. Alhasil, saat ini, bumi menjadi lebih panas dan kandungan CO2 di udara semakin meningkat drastis.

Rangkaian argumen:

Hal ini tidak baik untuk bumi karena dapat menyebabkan pemanasan global serta mencairnya es di kutub. Semua orang sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi dampak ini dengan menanam paling tidak lima tanaman per orang.

Pasti akan ada pertanyaan, “Bagaimana kalau tidak memiliki lahan?” Jawabannya adalah menanam dengan menggunakan pot, misalnya menanam sayur-sayuran. Jadi, kamu mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam sekali tanam.

Pernyataan ajakan:

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa menanam kaktus. Tanaman satu ini dapat pula di jadikan dekorasi rumah dalam ukuran yang kecil.

Penegasan kembali:

Tularkan kebiasaan baik ini pada teman-temanmu! Semakin banyak orang yang bergabung untuk menerapkan kebiasaan ini, maka hasilnya akan semakin baik dalam mengurangi pemanasan global di bumi!

9. Contoh Teks Persuasi tentang Pentingnya Sarapan

Pengenalan isu:

Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Hal ini di kuatkan oleh penelitian dari International Journal of Gastronomy and Food bahwa konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang akan dapat memberikan energi di pagi hari. Tidak hanya itu, tidak sarapan juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi.

Rangkaian argumen:

Menunda sarapan terus menerus saat bekerja tidak akan menghasilkan output yang maksimal. Terlebih untuk pelajar, tanpa sarapan akan membuat sulitnya menerima pelajaran di sekolah. Selain itu, sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal. Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan.

Pernyataan ajakan:

Oleh sebab itu, makan pagi wajib hukumnya untuk setiap orang. Pekerja kantoran, pekerja rumahan, hingga para pelajar. Makan makanan yang bergizi, seperti oat atau bubur gandum, buah, dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Tidak perlu juga makanan yang terlalu berat. Adapun porsi juga tidak perlu terlalu banyak.

Penegasan kembali:

Poin yang paling penting adalah tubuh terisi energi dan cukup kenyang di perut. Sarapan itulah yang akan membuat setiap orang akan memiliki bensin agar tubuh kuat dan sehat untuk beraktivitas. Selain itu pikiran akan lebih fokus dalam mengerjakan segala kegiatan.

10. Contoh Teks Persuasi tentang Kebiasaan Merokok

Pengenalan isu:

Budaya merokok sungguh kental di Indonesia, meskipun sudah di sediakan bilik khusus rokok di beberapa titik, tidak menutup kemungkinan akan ada saja orang yang masih merokok di sembarang tempat. Padahal, rokok yang berisi cacahan daun tembakau kering ini memiliki banyak bahan kimia, seperti nikotin, tar, dan masih banyak lagi.

Rangkaian argumen:

Katanya, rokok dapat membuat lebih konsentrasi dan meningkatkan mood agar menjadi lebih baik. Tapi, itu semua hanya semu belaka. Faktanya, RSUP Dr. Sardjito kerap mengingatkan bahaya merokok yang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, hingga kanker paru akibat adanya efek karsinogenik. Rokok juga dapat menjadi candu yang menyebabkan pengguna sulit untuk berhenti.

Tak hanya untuk perokok aktif, perokok pasif pun dapat terkena dampak dari asap rokok yang di timbulkan. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa terdapat kasus kematian dari perokok pasif sebanyak 890 ribu dari jumlah kematian 7 juta perokok aktif di setiap tahunnya. Hal ini di karenakan meskipun asap rokok sudah menghilang, sebanyak 4.000 zat berbahayanya masih berterbangan di udara dan dapat menjadi pemicu kanker.

Pernyataan ajakan:

Tapi jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Kita mendapat tubuh yang baik, sehat, dan sempurna ketika lahir, maka dari itu minimalisir segala hal yang dapat merugikan tubuh dan juga orang lain. Menjaga kesehatan semaksimal mungkin salah satunya adalah dengan tidak merokok. Jangan sampai varian penyakit datang hanya gara-gara rokok.

Penegasan kembali:

Sayangi diri sendiri, keluarga, dan orang di sekitar Anda dengan tidak merokok. Mari berhenti merokok!

11. Contoh Teks Persuasi tentang Pentingnya Belajar

Pengenalan isu:

Belajar menjadi kewajiban setiap murid atau peserta didik. Membuat siswa lebih mengerti pelajaran yang di ajarkan guru di sekolah. Belajar sangat penting, karena menjadi modal untuk masa depan siswa itu sendiri. Namun, sangat di sayangkan jika saat ini banyak siswa yang lebih memilih bermain gim di banding belajar. Padahal belajar menjadi tugas utama seorang siswa dan sudah seharusnya di utamakan di banding bermain gim.

Rangkaian argumen:

Berdasarkan penelitian yang di lakukan Rumah Sakit CS Mott Children, University of Michigan di Amerika Serikat, sekitar 86 persen anak berusia 13 hingga 18 tahun lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain video game. Penelitian ini di lakukan terhadap 963 orang tua remaja (usia 13 hingga 18 tahun). Dampak negatif utama dari sering bermain gim ialah kecanduan. Artinya siswa akan terus bermain gim tanpa kenal waktu, mulai dari pagi hingga malam. Akibatnya konsentrasi murid menurun dan bisa berdampak pada prestasi dan nilai akademiknya.

Pernyataan ajakan:

Oleh karena itu, sangat penting untuk di ingatkan kembali jika tugas utama seorang murid ialah belajar. Tidak salah jika sesekali murid atau siswa bermain gim, sekadar untuk menghilangkan rasa bosan. Namun, akan menjadi suatu hal yang salah, jika terus bermain tanpa kenal waktu, bahkan hingga melupakan kewajiban utamanya, yakni belajar. Bermain gim bisa di jadikan sarana hiburan bagi murid ketika bosan belajar. Asalkan waktunya di atur dan tidak melebih waktu belajar. Karena bagaimanapun kewajiban utama seorang pelajar ialah belajar, agar kelak menjadi generasi penerus bangsa.

Penegasan kembali:

Sekali lagi di tekankan jika kewajiban utama seorang pelajar ialah belajar. Maka dari itu, utamakanlah belajar di banding bermain gim. Jika ingin bermain, aturlah waktu sebaik mungkin dan batasi permainan gimnya. Contoh bermain gim selama 30 menit dan belajar selama 1 jam atau dengan aturan waktu lainnya. Dari sini pula, peran dan ketegasan orang tua sangat di perlukan, yakni untuk senantiasa mengingatkan anaknya untuk mengutamakan belajar di banding bermain gim.

12. Contoh Teks Persuasi: Ayo Rajin Melakukan Aktivitas Fisik!

Berikut contoh teks persuasi tentang rajin melakukan aktivitas fisik di rumah:

Pengenalan isu:

Aktivitas fisik menjadi salah satu hal yang wajib di lakukan selain aktivitas lainnya. Aktivitas fisik sangat penting di lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain menjaga kesehatan tubuh, aktivitas fisik yang rutin di lakukan juga bisa meminimalisasi berbagai penyakit mematikan.

Di balik manfaatnya yang cukup besar, masih ada beberapa orang yang menyepelekan manfaat aktivitas fisik. Mereka beranggapan jika aktivitas fisik tidak terlalu penting dan hanya membuang waktu saja. Padahal dengan rutin melakukan aktivitas fisik, tubuh menjadi tidak cepat lelah atau sakit.

Rangkaian argumen:

Mengutip dari situs Kementerian Kesehatan atau Kemenkes, aktivitas fisik merupakan gerakan tubuh yang di lakukan secara keseluruhan untuk meningkatkan pengeluaran energi. Kementerian kesehatan menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya selama lima kali seminggu. Aktivitas fisik ini tidak harus di lakukan dengan pergi ke klub kebugaran. Namun, bisa di lakukan dengan cara yang mudah dan murah. Contohnya naik turun tangga, jalan cepat, berenang dan bersepeda. Manfaat utama dari rutin melakukan aktivitas fisik ialah bisa mengendalikan tekanan darah, menurunkan osteoporosis, mencegah Diabetes Melitus, meningkatkan daya tahan tubuh, mengendalikan kolesterol dan masih banyak lagi.

Pernyataan ajakan:

Seperti yang sudah di sebutkan di atas, jika aktivitas fisik memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Selain itu, cara yang di lakukan juga tidak sesusah yang di bayangkan dan tidak membutuhkan biaya besar. Maka dari itu, ayo kita rajin melakukan aktivitas fisik rutin selama 30 menit setiap harinya.

Mungkin manfaatnya tidak akan langsung di rasakan, namun dalam jangka waktu panjang pasti manfaatnya akan muncul. Tidak perlu memaksa diri untuk melakukan aktivitas fisik berat, cukup lakukan sesuai dengan kemampuan tubuh saja.

Penegasan kembali:

Aktivitas fisik sudah seharusnya di lakukan secara rutin. Selain karena mudah dan murah, namun juga ada banyak manfaat jangka panjang yang bisa di rasakan. Rutinlah melakukan aktivitas fisik demi kesehatan tubuh kita.

13. Contoh Teks Persuasi: Buanglah Sampah pada Tempatnya

Pengenalan isu:

Sampah merupakan isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Rasanya masih terlalu banyak sampah kecil berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang menyepelekan bahwa sampah kecil itu tanpa mengetahui dampak yang akan di timbulkannya. Sekecil apa pun, sampah ya sampah.

Rangkaian argumen:

Sampah yang kita buang di mana saja tidak akan hilang sendiri. Apalagi jika sampah tersebut merupakan sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat di uraikan oleh tanah. Namun, bukan berarti kita dapat membuang sampah organik ke mana saja. Sampah terurai tetap tidak akan menghilang secara instan. Membuang sampah di mana saja tetap berisiko mengundang penyakit yang tidak di inginkan.

Belum lagi dampak langsung yang membuat kita tidak nyaman. Baunya akan sampai ke hidung kita juga yang membuangnya. Sebelum mengeluh, keluhkanlah diri sendiri yang tidak membuang sampah ke tempatnya.

Pernyataan ajakan:

Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya. Sesederhana itu maka berbagai dampak negatifnya akan terhindarkan. Hargailah orang-orang yang selama ini berjasa menjaga kebersihan. Mereka bangun dan bekerja jauh lebih awal dari kita, kedinginan, kelelahan, karena ulah kita yang membuang sampah sembarangan.

Penegasan kembali:

Menghargai mereka sama dengan kita menghargai diri sendiri karena saat kita membuang sampah sembarangan, kita akan menjadi pribadi yang kotor seperti sampah itu sendiri. Mari buang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan.

14. Contoh Teks Persuasi tentang Bahaya Investasi Bodong

Pengenalan isu:

Banyaknya penawaran untuk investasi karena memang keuntungan melimpah yang bisa di peroleh, menggunakan kemajuan teknologi dan kecepatan internet.

Rangkaian argumen:

Bentuk investasi pun beragam, salah satunya melalui media online.

Pernyataan ajakan:

Banyak investasi muncul dengan menawarkan keuntungan menggiurkan, harus berhati-hati karena hal tersebut bisa sebagai kedok.

Penegasan kembali:

Jangan lupa lakukan pengecekan ulang sebelum melakukan investasi.

15. Contoh Teks Persuasi tentang Pentingnya Membaca

Pengenalan isu:

Menurut UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi. Artinya, minat baca masyarakat Indonesia sangatlah rendah.

Rangkaian argumen:

Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Ini berarti, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Selain itu, ada juga riset berjudul World’s Most Literate Nations Ranked yang di lakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia di nyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca, persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

Padahal, membaca bisa memberikan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah memperluas pengetahuan, menambah kosakata baru, hingga memperlancar berbicara di depan umum.

Pernyataan ajakan:

Wah, tentu sayang sekali kalau minat baca di Indonesia rendah, kan? Kita bisa tertinggal jauh dengan negara-negara di dunia. Karena itu, mari, mulailah bangun kebiasaan membaca.

Penegasan kembali:

Kebiasan membaca ini bisa di mulai dengan membaca buku dari tema yang kamu sukai. Misalnya cerita fiksi, dongeng, atau lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top